-->

Pentingnya Memberi Motivasi di Murid Yang wajib kita Baca

tak di pungkiri kenyataanya ilmu itu luas sebelum membahas mengenai Pentingnya Memberi Motivasi di Murid ini, kenyataannya kita wajib membaca Sebab dalam kehidupan kita sehari-hari kita wajib menjalankan banyak hal yang belum kita pahami yang sebenarnya. Misalnya, supaya mempunyai kemampuan di keahlian tertentu yang kita harapkan, maka kita wajib mengikuti training yang memang membagikan ilmu yang kita butuhkan. Sebelum membahas mengenai Pentingnya Memberi Motivasi di Murid, Sekarang, Bisa disimpulkan bahwa hanya membuka pemikiran kita untuk belajar kita Bisa mengatasi masalah yang kita hadapi setiap hari. Kita belajar, akan mengubah diri kita, dari belum mengetahui, atau belum ahli di hal tertentu, menjadi kebalikannya dan membuat kita semakin mempunyai kemampuan.

Pentingnya Memberi Motivasi di Murid

 
Apa sebenarnya motivasi itu? Menurut Morgan, motivasi bertalian dengan tiga hal yang sekaigus merupakan aspek-aspek dari motivasi. Ketiga hal tersebut merupakan keadaan yang mendorong tingkah laku, tingkah laku yang didorong oleh keadaan tersebut dan tujuan dari di tingkah laku tersebut. Jadi, motivasi merupakan suatu dorongan terhadap seseorang untuk membantunya mencapai tujuan. Motivasi merupakan dorongan yang tak terlihat yang menjadi penyemangat kita untuk menjalankan sesuatu. Motivasi sangat diperlukan dalam berbagai hal, termasuk dalam dunia pendidikan. Hasil belajar akan menjadi optimal apabila ada motivasi. Motivasi juga menentukan intensitas usaha belajar untuk para siswa.

Fungsi motivasi dalam belajar

Ada tiga fungsi motivasi belajar yang dikemukakan oleh Ngalim Purwanto (2002: 71), yaitu :

  • Mendorong siswa untuk bertindak/ berbuat
Motivasi berfungsi sebagai penggerak atau motor yang membagikan energy kepada seseorang untuk menjalankan sesuatu.
  • Menentukan arah perbuatan

Yakni ke arah perwujudan tujuan atau cita-cita. Dengan adanya motivasi, mencegah terjadinya penyelewengan jalan yang wajib ditempuh untuk mencapai tujuan.

Artinya, menentukan perbuatan mana yang wajib dilakukan guna mencapai tujuan dengan mengesampingkan perbuatan yang tak bermanfaat.

Sebab motivasi sangat berperan penting dalam kegiatan belajar mengajar, maka sebagai pendidik pun memliki peranan yang sangat penting dalam melonjakkan motivasi siswa supaya mereka mempunyai motivasi berprestasi yang tinggi. Berikut beberapa strategi yang Bisa digunakan oleh guru untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa :
  • menerangkan tujuan belajar ke peserta didik

di permulaan kegiatan belajar mengajar hendaknya seorang guru menerangkan mengenai Tujuan Instruksional tertentu (TIK) yang akan dicapai siswa. Guru juga menerangkan mengenai pentingnya ilmu yang akan sangat bermanfaat untuk masa depan seseorang. Semakin jelas tujuan akan membuat semakin besar pula motivasi dalam belajar.

Berikan hadiah untuk siswa yang berprestasi. Hal ini akan memacu siswa untuk lebih giat dalam berprestasi dan untuk siswa yang belum berprestasi juga akan termotivasi untuk mengejar dan mengungguli siswa yang telah berprestasi. Hadiah tak wajib yang besar dan mahal, namun yang Bisa menimbulkan rasa suka di murid dan merasa dihargai Sebab prestasinya.

Guru berusaha mengadakan persaingan di antara siswanya untuk melonjakkan prestasi belajarnya, berusaha memperbaiki hasil prestasi yang telah dicapai sebelumnya.

Berikan pujian yang bersifat membangun kepada siswa yang berprestasi.

Hukuman diberikan kepada siswa yang berbuat kesalahan saat proses belajar mengajar. Dengan adanya hukuman, diharapkan siswa mau merubah diri dan berusaha memacu motivasi belajarnya. Hukuman hendaknya yang mendidik bukan yang bersifat fisik, seperti menghafal, mengerjakan soal atau membuat rangkuman. Sebab hukuman fisik akan mengganggu psikis siswa.

  • Membangkitkan dorongan kepada anak didik untuk belajar

Berikan perhatian maksimal ke peserta didik, khususnya untuk mereka yang dengan cara prestasi tertinggal oleh siswa lainnya.

  • Membentuk kebiasaan belajar yang bagus

Ajarkan kepada siswa Tutorial belajar yang bagus, bagus saat siswa belajar sendiri ataupun dengan cara kelompok. Dengan Tutorial ini, siswa diharapkan untuk lebih termotivasi dalam mengulang-ulang pelajaran ataupun menambah pemahaman dengan buku-buku yang mendukung.

  • Membantu kesulitan belajar anak didik dengan cara individual ataupun kelompok

Memberi perhatian kepada pesera didik dan siap membantunya apabila ia menjalani kesulitan.

  • memakai metode yang bervariasi

Guru hendaknya mempunyai metode belajar yang tepat dan bervariasi, yang Bisa membangkitkan semangat, yang tak membuat siswa merasa jenuh dan Bisa menampung kepetingan semua siswa. Seperti Cooperative Learning, Contectual Teaching & Learning (CTL), Quantum Teaching, PAKEM, ataupun yang lainnya. Sebab siswa mempunyai tingkat inteligensi yang berbeda-beda satu sama lainnya. Semakin banyak metode mengajar yang dikuasai guru, maka akan semaki sukses melonjakkan motivasi belajar siswa.

memakai media yang bagus dan sesuai dengan tujuan pembelajaran

bagus media visual ataupun audiovisual.

“Seorang guru yang mencoba mengajar siswanya tanpa membagikan inspirasi supaya mereka mempunyai hasrat untuk belajar, merupakan seolah memalu besi yang sudah dingin.” – Horace Mann

“Teknologi hanya suatu alat. Dalam hal membuat siswa bekerja sama dan menjadikan mereka termotivasi, gurulah yang paling utama.” – Bill Gates, Pemilik Microsoft.  (Felicia Nathania)

0 Response to "Pentingnya Memberi Motivasi di Murid Yang wajib kita Baca"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel