-->

Mind Mapping Yang Wajib kalian Baca

Ada banyak informasi yang Bisa kita pelajari sebelum membahas mengenai Mind Mapping ini, kesimpulannya kita wajib mempelajari sesuatu Sebab dalam kehidupan kita sehari-hari kita wajib menjalankan banyak hal yang belum kita pahami yang sebenarnya. Misalnya, supaya Bisa menyampaikan keinginan kita kepada orang lain dengan bagus dan benar, kita wajib mengetahui Tips berkomunikasi. supaya Bisa berkomunikasi, kita wajib Bisa membaca dan menulis. Sebelum membahas mengenai Mind Mapping, Saat ini, Bisa disimpulkan bahwa hanya membuka pemikiran kita untuk belajar kita Bisa mengatasi masalah yang kita hadapi setiap hari. Kita mendapatkan ilmu, akan mengubah diri kita, dari belum mengetahui, atau belum ahli di hal tertentu, menjadi kebalikannya dan membuat kita semakin berisi.

Mind Mapping


                Dengan semakin banyak buku dan materi dalam bentuk teks dengan semakin terbatasnya waktu untuk memahaminya maka diperlukan suatu Tips untuk memahami dan mengingat pelajaran atau bahan materi yang berupa teks dengan lebih bagus. Tips tersebut merupakan Meringkas.

                Meringkas dengan efektif dan berdaya guna tentunya wajib memaksimalkan fungsi otak kita dalam “learning mode”. Sekarang merupakan saatnya untuk kita untuk melibatkan otak kiri dan kanan saat meringkas.

                Mind Mapping merupakan suatu teknik meringkas yang mengoptimalkan fungsi otak. Mr Tony Buzan merupakan penemu Mind Mapping dan ia berasal dari UK.  Dalam buku ini Tony Buzam menyatakan bahwa Mind Map merupakan suatu Tips alat berfikir dan alat belajar dengan mengoptimalkan fungsi kerja otak kiri dan kanan. Dengan memakai otak kiri dan kanan, daya ingat kita akan menjadi lebih bagus.

              

          Kelebihan Mind Map merupakan sebagai berikut :

  • memakai Perkataan kunci sehingga lebih efisien dan mudah dipahami
  • memakai warna, gambar, dan simbol supaya lebih menarik
  • Terstruktur dengan sangat bagus
  • memakai prinsip Super Memory, melonjakkan daya ingat
  • Mudah dalam pengulangan, Sebab dalam 1 halaman
  • Menghemat waktu Sebab cukup sekali membuatnya

Fungsi Mind Map merupakan :

  • Mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah
  • melonjakkan daya pikir (kreatif)
  • Alat berpikir yang terorganisir
  • Tips termudah untuk mendapat informasi

Berikut merupakan Langka membuat Mind Mapping :

  • Siapkan kertas putih polos. Jangan memakai kertas bergaris Sebab akan membuat pembatasan di idemu. Pilih warna yang disukai min. 3 warna.
  • Carilah Gagasan Utama/ inti pelajaran yang akan dibuat Mind Map. Buatlah gambar utama dan tulislah judulnya dengan huruf besar. Ini merupakan gagasan utama atau disebut CI/Central Image. Tempatkan CI di bagian tengah ke atas
  • Pilih 1 warna dan buatlah garis melengkung sebagai cabang utama yang keluar dari CI. Lalu buat garis cabang dengan tebal lalu makin lama makin menipis. Mulai dari kanan atas searah jarum jam
  • Tuliskan cabang utama dengan satu Perkataan aja-keyword di atas garis. Ini disebut juga BOI atau basic Odering ideas. Lakukan hal yang sama untuk semua gagasan lain. Satu garis satu Perkataan kunci.
  • Tambahkan perincian cabang-cabang atau simbol yang akan membantu otak mengingat dan berkonsentrasi, mereka juga akan saling terhubung di dalam otak kita sehingga otak akan lebih Bisa mengingatnya.

Menarik bukan ?? Yuk, teman-teman kita mulai mencobanya !!! Sebab Mind Mapping akan sangat membantu kita terutama di saat menghafal begitu banyak materi untuk Ujian kita ! Selamat Mencoba dan Semangat teman-teman !!! (Michael Halim )

Sumber : Supermap buzan Mindmap club Indonesia


0 Response to "Mind Mapping Yang Wajib kalian Baca"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel